Jumat, 11 Oktober 2013

Overhaul Motor Diesel Pajero Sport 4D5-DOHC



A.    Pengertian Motor Diesel
Pada motor diesel disebut juga motor pembakaran kompresi karena proses pembakaran bahan bakar akibat adanya tekanan kompresi yang tinggi. Bahan bakar kemudian disemprotkan ke dalam silinder-silinder sampai berbentuk kabut. Bahan bakar di bakar oleh panas udara yang telah dikompresikan di dalam silinder. Untuk memenuhi kebutuhan pembakaran tersebut maka temperatur udara yang dikompresikan harus mencapai 500ºC (932ºF) atau lebih.
Oleh karena itu, motor diesel perbandingan kompresinya dibuat (15:1 - 22:1) lebih tinggi dari pada motor bensin (6:1 - 12:1) dan juga motor diesel dibuat dengan konstruksi yang jauh lebih kuat dari pada motor bensin.
1.    Keuntungan Motor Diesel
a.    Motor diesel mempunyai efisiensi panas yang lebih besar. Hal ini berarti bahwa penggunaan bahan bakarnya lebih ekonomis dari pada motor bensin.
b.    Motor diesel lebih tahan lama dan tidak memerlukan electric igniter. Hal ini berarti bahwa kemungkinan kesulitan lebih kecil dari pada motor bensin.
c.    Momen pada motor diesel tidak berubah pada jenjang tingkat kecepatan yang luas. Hal ini berarti bahwa motor diesel lebih fleksibel dan lebih mudah dioperasikan dari pada motor bensin (sebabnya motor diesel sering digunakan pada kendaraan besar).
2.    Kerugian Motor Diesel
a.    Tekanan pembakaran maksimum hampir dua kali motor bensin. Hal ini berarti bahwa suara dan getaran motor diesel lebih besar.
b.    Tekanan pembakaran yang tinggi, maka konstruksi motor diesel harus dibuat dari bahan yang tahan tekanan tinggi dan harus mempunyai struktur yang sangat kuat. Hal ini berarti bahwa untuk daya kuda yang sama, motor diesel lebih berat dari pada motor bensin dan biaya pembuatannya pun menjadi lebih mahal.
c.    Motor diesel memerlukan sistem injeksi bahan bakar yang presisi. Dan ini berarti bahwa harganya lebih mahal dan memerlukan pemeliharaan yang lebih cermat dibanding dengan motor bensin.
d.   Motor diesel mempunyai perbandingan kompresi yang lebih tinggi dan membutuhkan gaya yang lebih besar untuk memutarnya. Oleh karena itu, motor diesel memerlukan alat pemutar seperti motor starter dan baterai yang berkapasitas yang lebih besar.
3.    Spesifikasi Mitsubishi Pajero Sport
Pada dasarnya Mitsubishi Pajero Sport sendiri telah ditunjang dengan teknologi Common Rail System (CRS). Konsep CRS ini mirip dengan teknologi MPI (Multi Point Injection) pada motor bensin Mitsubishi, yaitu semua kerja sistim dilakukan secara kontrol elektronik (mikro komputer) untuk mendapatkan daya kerja mesin yang optimal. Untuk informasi umum  Pajero Sport dapat dilihat pada tabel di bawah :
Tabel 1. Informasi umum Mitsubishi Pajero Sport
Item
Spesifikasi
Engine model
4D56
Type
In-line OHV, DOHC, 4 Cylinder
Combustion chamber
Vortex chamber type
Total displacement mL
2.477
Cylinder bore (mm)
91,1
Piston stroke (mm)
95
Compression ratio
17
Valve timing
Intake valve
Open
20º BTDC
Close
40º ABDC
Exhaust valve
Open
38º BBDC
Close
22º ATDC
Auto lash adjuster
Tidak dilengkapi
Sumber : Workshop Manual Engine 4D5 Pajero Sport halaman 11D-2.

B.     Prinsip Kerja Motor Diesel 4 Langkah
Pada dasarnya prinsip kerja motor diesel sama dengan motor bensin 4 tak pada umumnya, hanya saja akan berbeda pada saat langkah pembakaran atau usaha.
1.    Langkah Hisap
Pada langkah hisap, piston bergerak dari TMA (titik mati atas) ke TMB (titik mati bawah), katup hisap membuka dan katup buang menutup sehingga udara segar masuk ke dalam silinder akibat adanya kevakuman melalui intake manifold.
2.    Langkah Kompresi
Pada langkah kompresi, piston bergerak dari titik mati bawah ke tititk mati atas. Pada saat ini kedua katup tertutup. Udara yang dihisap selama langkah hisap ditekan sampai tekanannya naik sekitar 30kg/cm² dengan temperatur sekitar 500 - 800ºC. Pada akhir langkah kompresi injector menyemprotkan  bahan bakar ke ruang bakar.
3.    Langkah Pembakaran
Diikuti oleh pembakaran tertunda, pada awal langkah pembakaran bahan bakar yang sudah teratomisasi akan terbakar sebagai hasil pembakaran langsung dan membakar hampir seluruh bahan bakar. Energi pembakaran mengekspansikan gas dengan sangat cepat dan piston terdorong ke bawah. Gaya yang mendorong piston dan poros engkol akan dirubah menjadi gerak putar yang sebagian disimpan dalam flywheel untuk melanjutkan proses kerja motor selanjutnya.
4.    Langkah Buang
Pada saat piston menuju titik mati bawah, katup buang terbuka dan gas sisa pembakaran dikeluarkan pada saat piston bergerak ke atas lagi. Gas akan terbuang habis saat piston mencapai titik mati atas, dan pada akhir langkah buang katup masuk terbuka sehingga udara segar masuk ke dalam silinder dan ikut mendorong gas buang keluar.
Tabel 2. Perbandingan motor bensin dengan motor diesel
Motor
Item
Motor Bensin
Motor Diesel
Langkah Hisap
Campuran udara dan bahan bakar dihisap ke dalam silinder
Hanya udara yang dihisap masuk ke dalam silinder
Langkah Kompresi
Piston mengkompresikan campuran udara dan bahan bakar
Piston mengkompresikan udara untuk menaikkan tekanan dan temperatur
Langkah Pembakaran
Busi menyalakan campuran yang bertekanan
Bahan bakar disemprotkan ke dalam udara yang bertemperatur dan bertekanan tinggi dan terbakar oleh panas udara yang ditekan
Langkah Buang
Piston mendorong gas buang keluar dari silinder
Piston mendorong gas buang keluar dari silinder
Pengaturan Output Tenaga
Diatur oleh banyaknya campuran udara dan bahan bakar yang dimasukkan
Diatur oleh banyaknya bahan bakar yang diinjeksikan (Banyaknya udara masuk tidak diatur)

C.    Ruang Bakar Motor Diesel
Ruang bakar berfungsi sebagai tempat pembakaran campuran udara dan bahan bakar. Ruang bakar dituntut untuk memungkinkan terjadinya pembakaran yang sempurna. Ruang bakar motor diesel merupakan bagian yang terpenting untuk menentukan kemampuan motor diesel. Dikembangkan berbagai macam konfigurasi ruang bakar motor diesel untuk menjamin bahan bakar yang disemprotkan ke dalamnya dapat mengurai, mengabut dan bercampur rata dengan udara. Cara yang digunakan meliputi pembentukan saluran masuk pada kepala silinder sehingga udara berputar di dalam silinder, atau dengan jalan menambahkan ruang bakar bantu yang dapat mempercepat ekspansi gas pada tahap pembakaran awal untuk meningkatkan efisiensi pembakaran. Ruang bakar yang digunakan pada kendaraan-kendaraan adalah :
1.    Tipe Inejksi Langsung (Direct Injection)
Injection nozzle menyemprotkan bahan bakar langsung ke ruang bakar utama (main combustion chamber) yang terdapat diantara cylinder head dan piston. Ruang yang ada pada bagian atas piston merupakan salah satu bentuk yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi pembakaran.
a.    Keuntungan
Ø Penampang permukaan ruang injeksi langsung yang kecil dapat mengurangi kerugian panas, sehingga menaikan temperatur udara yang dikompresikan dan menyempurnakan pembakaran. Pada tipe ini pemanasan awal tidak diperlukan untuk start dengan suhu udara sekitarnya normal. Efisiensi panas yang tinggi disini juga dapat meningkatkan output dan menghemat penggunaan bahan bakar.
Ø Struktur cylinder head lebih sederhana, jadi kemungkinan deformasi karena panas akan lebih kecil.
Ø Karena kerugian panasnya kecil, maka perbandingan kompresinya dapat diturunkan.
b.    Kerugian
Ø Pompa injeksi harus mampu menghasilkan tekanan tinggi yang diperlukan untuk mengatomisasikan bahan bakar dengan menekannya keluar melalui nozzle tipe berlubang banyak.
Ø Kecepatan maksimumnya lebih rendah karena pusaran campuran bahan bakarnya lebih kecil dari pada tipe ruang bakar kamar depan (auxiliary combustion chamber).
Ø Tekanan pembakaran yang tinggi menimbulkan suara yang lebih keras dan resiko diesel knocking lebih besar.
Ø Mesin sangat peka terhadap kualitas bahan bakar, biasanya diperlukan bahan bakar yang bermutu tinggi.
2.    Tipe Ruang Bakar Tambahan
Injection nozzle menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar yang terdapat pada cylinder head. Ruang bakar tambahan dirancang untuk mempercepat ekspansi gas pada awal pembakaran, tetapi konstruksinya lebih rumit dari pada tipe injeksi langsung. Macam-macam ruang bakar tambahan adalah :
a.    Tipe Ruang Bakar Kamar Depan
Bahan bakar disemprotkan oleh injection nozzle ke kamar depan (precombustion chamber). Sebagian akan terbakar ditempat, dan sisa bahan bakar yang tidak terbakar ditekan melalui saluran kecil antara ruang bakar kamar depan dan ruang bakar utama dan selanjutnya terurai menjadi partikel yang halus dan terbakar habis di ruang bakar utama (main combustion chamber).
Ø Keuntungan
ü Pemakaian jenis bahan bakar lebih luas. Bahan bakar yang relatif kurang baik dapat digunakan dengan asap pembakaran yang tidak pekat.
ü Mudah pemeliharaannya karena tekanan injeksi bahan bakar relatif rendah dan mesin tidak begitu peka terhadap perubahan timing injeksi.
ü Karena disini digunakan throttle tipe nozzle, maka diesel knock dapat dikurangi dan kerja mesin lebih tenang.
Ø Kerugian
ü Biaya pembuatan lebih tinggi karena bentuk silinder lebih rumit.
ü Diperlukan starter yang lebih besar. Starter mesin sulit, oleh karena itu diperlukan glow plug.
ü Pemakaian bahan bakar relatif lebih boros.
b.    Tipe Kamar Pusar
Kamar pusar (swirl chamber) mempunyai bentuk spherical. Udara yang dikompresikan oleh piston memasuki kamar pusar dan membentuk aliran turbulensi di tempat bahan bakar yang diinjeksikan. Tetapi sebagian bahan bakar yang belum terbakar akan mengalir ke ruang bakar utama (main combustion chamber) melalui saluran transfer untuk menyelesaikan pembakaran.
Ø Keuntungan
      • Dapat dicapai kecepatan mesin yang tinggi karena turbulensi kompresinya tinggi.
      • Gangguan pada nozzle lebih kecil karena menggunakan pin type nozzles.
      • Tingkat kecepatan mesin lebih luas dan operasinya yang halus membuatnya banyak digunakan untuk mobil penumpang.
Ø Kerugian
      • Konstruksi cylinder head dan cylinder block rumit.
      • Efisiensi panas dan konsumsi bahan bakarnya lebih buruk dari pada sistem injeksi langsung.
      • Menggunakan busi pijar, tetapi kurang efektif untuk kamar pusar yang besar, karena mesin tidak mudah start.
      • Diesel knock akan lebih besar pada kecepatan rendah.
Untuk lebih jelas dan lengkapnya, silahkan download materi overhaul motor diesel dari hasil Laporan Kerja Praktek saya pribadi yang berjudul "Overhaul Motor Diesel Pajero Sport 4D5-DOHC" di bengkel Sederhana Kebumen. Semoga materi ini berguna dan bermanfaat bagi pembaca dan download file dalam bentuk pdf ini bisa anda download di sini.

0 komentar:

Posting Komentar